Kampus UMN Satu Dekade Lalu

Kampus UMN, Tangerang, pada Maret 2010.

Saya kuliah di Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Tangerang, pada 2009-2013. Angkatan saya saat itu merupakan angkatan ketiga kampus milik Kompas Gramedia ini, yang baru berdiri pada 2007.

Kebetulan, saat saya masuk kuliah bertepatan dengan pindahnya aktivitas belajar-mengajar ke gedung baru milik UMN sendiri. Sebelumnya, mahasiswa angkatan pertama menjalani proses perkuliahan di Wisma BNI 46, Jakarta, dan angkatan kedua di Plaza Summarecon Serpong, Tangerang.

Maka wajar, saat saya pertama menginjakkan kaki di kampus UMN pada pertengahan 2009, bau cat masih terasa pekat, dan bahkan bedeng tempat tukang beristirahat dan makan masih berdiri di dalam area kampus. Baru ada dua gedung di sana: satu untuk proses perkuliahan, satu untuk kantor dosen dan staf rektorat.

Area sekitar kampus juga masih serba kosong dan penuh dengan tanah merah. Akibatnya, pesepeda motor kerap tergelincir saat melintasi tanah merah itu, apalagi bila habis hujan. Ini sungguh berbeda bila melihat kondisi sekitar UMN hari ini. Restoran cepat saji dan kafe ada di mana-mana. Ada mal kecil dan bahkan bar yang terletak dekat sekali dengan kampus.

Banyak kenangan dari masa-masa kuliah saya di UMN. Dan, harus diakui, salah satu titik balik hidup saya adalah saat saya memutuskan mengambil konsentrasi jurnalistik di UMN.

Karena tak bisa ke mana-mana di tengah pandemi Covid-19 saat ini, saya jadi sering nostalgia dengan melihat foto-foto lama di laptop, salah satunya saat saya awal berkuliah di UMN. Berikut adalah foto-foto kampus UMN patch 1 yang saya ambil pada Maret 2010.

Kamera: Canon 1000D | Lensa: 18-55 mm.

Bagikan

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top