Mengintip Taman Nasional Gunung Sanqing

Menuju Kuil Tao Sanqing.

Pada Juli 2012, saya dan keluarga pergi berwisata ke Cina. Selama 12 hari, kami berkeliling ke berbagai tempat, salah satunya Taman Nasional Gunung Sanqing. Gunung ini terletak 40 kilometer sebelah utara dari wilayah Yushan, Provinsi Jiangxi. “Sanqing” berarti tiga yang murni, merujuk pada tiga puncak utama yang menyatukan gunung ini: Yujing, Yushui dan Yuhua. Yujing terletak di tengah dan merupakan yang tertinggi di antara ketiganya dengan ketinggian 1.817 meter.

Sejak 2008 lalu, UNESCO mengklasifikasikannya sebagai salah satu situs warisan dunia. Dengan luas area 229 kilometer persegi, Gunung Sanqing adalah rumah bagi 2.373 jenis tumbuhan vaskular dan 1.728 jenis hewan liar. Selain itu, di sana juga terdapat setidaknya 230 bangunan kuno dan situs budaya seperti kuil, jembatan, menara dan lain sebagainya.

Salah satu yang banyak menarik perhatian pengunjung adalah Kuil Tao Sanqing yang terletak di ketinggian 1.532,8 meter di atas permukaan laut dengan luas area 500 meter persegi. Gunung Sanqing memang dikenal pula sebagai tempat suci bagi penganut ajaran Tao. Terutama pada era Dinasti Tang (618-907), ketika ajaran Tao sedang mencapai puncak perkembangannya. Bahkan menurut cerita yang beredar, seorang guru besar Tao bernama Ge Hong pernah bertapa di gunung ini dan menciptakan pil abadi pada masa 1.600 tahun silam.

Saya sendiri harus berjalan kaki naik ke atas selama dua jam untuk mencapai Kuil Tao Sanqing. Jarak yang harus ditempuh kurang lebih 5 kilometer sekali jalan. Lelah, tapi hasilnya sebanding. Pemandangannya benar-benar menggetarkan dada.

Kamera: Canon 1000D | Lensa: 18-55 mm.

Baca juga Wisata Negeri Atas Awan.

Bagikan

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top