Rara Sekar dan Mimpi yang Dikejar

Rara Sekar.
Rara Sekar. Sumber: Instagram Rara Sekar.

Rara Sekar Larasati (24) mulai dikenal masyarakat luas sejak berduet dengan Ananda Badudu (26) dalam proyek Banda Neira. Walau aktif berkegiatan sosial dan bernyanyi saat ini, ternyata Rara bercita-cita untuk menjadi detektif di masa kecilnya.

Banda Neira sesungguhnya merupakan nama pulau di Maluku, bagian timur Indonesia. Dahulu kala, pulau tersebut sempat menjadi tempat pengasingan para pejuang bangsa seperti Sutan Sjahrir dan Mohammad Hatta.

Namun karena keindahan pulau tersebut yang luar biasa, kedua pejuang kemerdekaan itu justru begitu menikmati masa-masanya di sana selayaknya liburan. Hal inilah yang menginspirasi Rara dan Ananda untuk menggunakan nama Banda Neira.

Uniknya, Banda Neira kerap membawakan lagu-lagu bertema muram dengan balutan nada yang riang. Karena itu, aliran musik mereka kerap disebut sebagai nelangsa riang, sesuatu yang tak direncanakan sama sekali sebelumnya.

“Sebenarnya sebutan nelangsa riang itu celetukan dari seorang kawan setelah denger lagu-lagu Banda Neira. Semua lagu kita itu multi-interpretatif. Bagaimana teman-teman memaknainya saja. Tapi satu pesan yang ingin disampaikan Banda Neira adalah bahwasanya Bahasa Indonesia adalah bahasa yang indah sekali,” jelas Rara.

Rara kerap menyibukkan diri dengan segudang kegiatan sosial. Ia sempat menjadi aktivis HAM di LSM Kontras, dan saat ini bahkan menetap di Ubud, Bali, untuk bekerja sebagai project officer di sebuah organisasi nirlaba bernama Kopernik. Kopernik sendiri bertujuan untuk menyediakan kebutuhan dasar masyarakat di daerah-daerah terpencil melalui penyediaan teknologi tepat guna.

“Sehari-hari aku me-manage program-program Kopernik di Indonesia dan luar negeri. Beberapa di antaranya adalah program Kampanye Air Bersih di delapan daerah di Indonesia mulai dari Padang Pariaman, Jawa, Bali, NTT sampai Papua,” ujar Rara kembali.

“Lalu ada pula program pemberdayaan perempuan melalui pengembangan usaha teknologi tepat guna di Jawa Timur dan Aceh Utara, program distribusi lampu tenaga sel surya di Kalimantan, Sulawesi, juga beberapa program teknologi tepat guna lainnya di luar negeri seperti Bangladesh dan Nigeria.”

Lebih lanjut, Rara juga aktif sebagai Kakak Kurikulum di Sekolah Kita Rumpin – sekolah non-formal untuk anak-anak korban sengketa tanah di Rumpin, Bogor. Sedari awal, Rara memang memiliki ketertarikan besar di dunia pendidikan. Bahkan, ia sempat mendaftar program Indonesia Mengajar walau akhirnya urung lolos karena satu dan lain hal.

“Dulu tertarik karena punya ketertarikan khusus di bidang pendidikan – karena pendidikan sungguh adalah akar dari begitu banyak permasalahan – juga ingin mengenal lebih jauh tentang keadaan sosio-ekonomi di daerah-daerah terpinggirkan di Indonesia. Lalu juga untuk memperluas wawasan dan mengalami sendiri tantangan-tantangan yang ada di tingkat akar rumput. Sudah lolos dan tinggal tahap tes kesehatan sebenarnya, namun tidak diteruskan lantaran beberapa hal pribadi,” terang Rara.

Dengan segala kesibukan yang ada, Rara berusaha semaksimal mungkin membagi waktu dengan menyusun daftar prioritas serta mencintai segala pekerjaan yang dilakoni. Syahdan, saat menatap dirinya sendiri 10 tahun ke depan, ia berharap saat itu telah berkeluarga dan berjalan-jalan keliling dunia.

“Semoga sudah menikah, punya satu anak dan dua anjing nan lucu, sudah jalan-jalan ke India, Tibet, Nepal, Sri Lanka dan Islandia, bahagia dan senantiasa berusaha untuk membahagiakan orang-orang terdekatku. Amin!” harap Rara.

Rara memang memiliki hobi untuk berjalan-jalan dan mengeksplorasi banyak hal baru. Karena itu, bila tidak menjadi penyanyi, ia ingin beralih profesi sesuai dengan bidang yang dicintainya tersebut.

“Mungkin kalau boleh berandai, ingin menjadi ahli Antropologi Pembangunan, lalu jadi host di acara traveling di National Geographic. Hahaha. Mimpi.”

***

Catatan
1. Tulisan ini pertama dimuat di media online GeoTimes.co.id.

Bagikan

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top